ApartemenLifestyle

Tips Hemat Tinggal di Apartemen Sederhana untuk Kebutuhan Harian

Tips hemat tinggal di apartemen sederhana, bagi seorang single dengan tingkat mobile yang tinggi, mungkin bukanlah sebuah hal yang sulit.

tips-hemat-tinggal-di-apartemen

Karena segala kegiatan dan kebutuhan kesehariannya dalam apartemen, tidak sebanyak pasutri dengan anak tinggal di hunian vertikal tersebut.

Beda dengan para pasutri yang punya anak, apalagi anaknya lebih dari satu. Tentunya kegiatan kesehariannya mungkin lebih banyak di dalam apartemen.

Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya berkegiatan dalam keseharian di hunian yang buka pintu nggak langsung pagar gitu?.

Bagaimana cara pesan galon air? bagaimana cara pesan gas elpiji? belanja kebutuhan harian, dan lain segalanya?. Termasuk terima paket? atau pesan makan online?.

Bingung nggak tuh?

1. Tips Hemat Tinggal di Apartemen untuk Kebutuhan Dapur

Bagi pasutri dengan anak yang memilih sewa apartemen, tentunya masih harus mengandalkan kegiatan di rumah. Makan ya harus masak, selain lebih hemat, juga jauh lebih sehat buat anak.

Untuk pembelian kebutuhan rumah tangga, sebenarnya hampir semua apartemen, khususnya yang tipe sederhana ya. Sudah menyiapkan sebuah toko yang menyuplai kebutuhan rumah tangga yang urgent.

Untuk kebutuhan galon air dan gas elpiji

Misal, gas, air galon dan semacamnya.

Biasanya sih auto direbut oleh jaringan minimarket kayak Alfamart atau Indomaret, tapi yang sedikit mahal ya, karena dia sifatnya urgent sih.

Jadi, kalau mau beli air atau gas, tinggal turun ke lantai dasar biasanya, dan beli deh air galon atau gas di sana.

Angkutnya gimana? tenang saja, biasanya mereka sudah menyiapkan alat bantu berupa kayak geretan yang beroda. Tapi kalau malas bolak balik ngembalikan alat bantu itu ke minimarket, bisa juga beli sendiri di marketplace kok.

Ada alat bantu angkat galon atau gas, yang murah sekitar 40-50ribuan, itu sudah kuat untuk mengangkut 1 galon dan juga gas elpiji.

cara-pesan-galon-di-apartemen
Source: idealpurewater.com

Btw, biasanya di apartemen dilarang keras penggunaan gas elpiji tabung melon, jadi minimal yang blue gaz atau semacamnya.

Kekurangannya adalah, beli air maupun gas di minimarket dalam apartemen tuh, lebih mahal. Tapi jangan khawatir, penghuni apartemen boleh kok memesan air galon dan gas di luar yang harganya biasanya memang lebih murah.

Bukan hanya lebih murah, memesan di luar juga penghuni nggak perlu capek geret galon sendiri. Karena biasanya dianterin langsung ke depan pintu unit.

Namun, penghuni memang akan diminta menjemput si pengantar galon atau gas itu, di depan pintu lobby. Karena hanya penghuni yang bisa punya akses masuk dalam bangunan apartemen.

Terus, dapat nomor kontak pemesanannya di mana? Mudah kok, coba deh sesekali nongkrong di loby, nanti juga bakalan ketemu Mas-Mas atau Abang-Abang tukang antar galon. Biasanya ada nomor kontak di kendaraan yang mereka bawa, atau sekalian tanya si Masnya langsung.

Pembayarannya pun, bisa transfer kok, jadi nggak masalah.

Untuk kebutuhan belanja bahan masakan

Tinggal di apartemen itu, means say babay deh sama kebiasaan nyegat tukang sayur yang lewat. Ya kali kayak rumah susun yang bisa teriak dari atas, ketika ada mamang sayur lewat.

Tapi tenang saja, meski tinggal di kawasan apartemen, biasanya selalu ada mamang sayur yang akan mangkal di sekitaran apartemen kok. Meskipun memang harus punya effort jalan agak jauh dulu sih, karena nggak mungkin si mamang boleh mangkal depan apartemen. Diusir satpam adanya, karena merusak pemandangan, hahaha.

Namun, kalau sudah ketemu mamangnya, kita bisa kok minta nomer HP si mamang, lalu bisa pesan apa aja yang harus dibelikan. Nantinya bisa janjian jam berapa si mamang mangkal dan bawa belanjaan pesanan. Palingan cuman modal jalan sebentar buat ambil tuh pesanan.

Iya sih, pakai modal harus mau jalan agak jauh, namanya juga tinggal di tempat yang nggak kawasan perumahan kan ye. Di mana keluar pagar langsung say hai pada mamang sayur, hahaha.

2. Tips Hemat Tinggal di Apartemen untuk Kebutuhan Pemesanan Online

Untuk kebutuhan pesan makanan online atau semacamnya

Untuk pesan makanan, mau nggak mau juga harus mengeluarkan effort yang lebih. Di mana, terpaksa penghuni harus turun, minimal jemput makanannya di pintu lobby. Karena sekali lagi, hanya penghuni yang punya akses keluar masuk gedung.

Itupun, di beberapa apartemen di Surabaya misalnya, ada peraturan kalau motor tidak boleh seenaknya parkir depan lobby. Jadi, kalaupun si babang Gufud bisa masuk ke area apartemen. Dia harus parkir motornya dulu di tempat parkiran, lalu jalan deh ke depan lobby.

Untuk ini, biasanya babang gufud atau semacamnya, minta tambahan uang parkir dan antar. Kalau mau bebas tambahan parkir, sebaiknya ya jemput aja makanannya di luar pagar apartemen.

Makanya, kalau cari apartemen, pertimbangkan lokasi gedung dekat dengan jalanan, terutama jika memang ada aturan babang gufud nggak boleh nunggu dengan motornya di depan pintu lobby.

Untuk kebutuhan penerimaan paket online

Kalau untuk paket online beda lagi ya.

Biasanya, manajemen apartemen sudah mewadahi kebutuhan penghuni akan penerimaan paket ini. Misal, di hari kerja atau weekday, semua paket penghuni yang masuk, akan ditampung di kantor manajemen.

Nantinya, oleh pihak manajemen, akan menghubungi penghuni lewat WA untuk memberitahukan ada paket yang datang, dan harus segera diambil.

Namun, jika paketnya datang di jam luar kantor, maka akan dikumpulkan di kantor security. Biasanya paket akan dibawa ke kantor manajemen di hari kerja. Tapi jika penghuni sudah mendapatkan notifikasi paket datang, bisa juga langsung mengambilnya di kantor security di jam tertentu ya.

Memang sih agak ribet kalau mau belanja online ketika tinggal di apartemen. Jadinya, pastikan memastikan waktu pesan dan waktu pengiriman ada di weekday, biat nggak ribet ketahan lama di pihak manajemen.

Tapi itu untuk paket online barang atau produk biasa ya. Kalau semacam makanan apalagi yang cepat basi, biasanya harus langsung janjian dengan penerima atau penghuni, karena manajemen ataupun security tidak mau menanggung resiko basi atau rusak, ketika menerimanya.

3. Tips Hemat Tinggal di Apartemen untuk Kebutuhan Lainnya

Intinya, tinggal di apartemen memang nyaman, tapi butuh energi lebih dalam hal memenuhi kebutuhan harian. Setidaknya harus mau menjemput apapun yang dipesan di pintu lobby.

Kalau punya anak yang bisa disuruh jemput sih dan anaknya mau, akan sangat membantu banget.

Tapi kalau enggak ada, apalagi berhijab, duh perjuangan banget deh masalah pemenuhan kebutuhan hariannya.

Karenanya, sebisa mungkin ketika lagi di luar, belilah semua kebutuhan yang dibutuhkan, jangan lupa penuhi semua stok makanan di apartemen. Jadi, kalau malas jemput si babang gufud di lobby, bisa masak sendiri aja.

Demikian tips hemat tinggal di apartemen sederhana, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan harian. Semoga bermanfaat.

Sumber dan referensi: pengalaman pribadi

Gambar: Canva dan website properti

Rey

Blogger Surabaya, Mom of two boys

2 thoughts on “Tips Hemat Tinggal di Apartemen Sederhana untuk Kebutuhan Harian

  • Bang Day

    Suka liat yg hidup di apart, kepikiran gaji bulanannya brp ya 🙂

    Reply
    • Kayaknya macam-macam Bang, ada juga yang tergantung dengan kebutuhannya 😀
      Ada juga yang gajinya gede banget, tapi memilih hidup di rumah saja, karena emang ada plus minus tinggal di apartemen

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Don`t copy text!