Lifestyle

Tinggal di Apartemen Surabaya, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Tinggal di apartemen, akhir-akhir ini menjadi trend yang ramai dilakukan oleh beberapa orang, khususnya di Surabaya.

tinggal-di-apartemen

Tidak heran, perkembangan pembangunan apartemen juga semakin pesat. Praktis membuat kota pahlawan ini mulai penuh dengan gedung-gedung bertingkat dari bangunan apartemen.

Hal ini tentunya juga membawa dampak positif bagi urbanisasi yang memang selalu terjadi di kota ini.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Apartemen Bagi Pemula Agar Tak Rugi

Pertimbangan Tinggal Di Apartemen Di Surabaya

Bukan rahasia lagi, sebagai kota terbesar nomor 2 di Indonesia, Surabaya makin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini juga diikuti dengan populasinya yang semakin padat.

Hal ini membawa pengaruh besar pada harga properti di kota pahlawan ini, yang semakin hari naik gila-gilaan. Bukan hanya harga jual beli properti yang fantastis, harga sewa baik kos maupun kontrak juga ikut naik.

Terlebih jika properti tersebut berada di lokasi yang dekat dengan tempat-tempat strategis, seperti kampus, mall ataupun perkantoran. Dijamin harga sewa maupun beli properti semakin melambung tinggi.

Kenaikan harga ini kadang juga di luar nalar yang bikin dompet atau rekening banyak orang jadi ‘menjerit’. Namun tidak dibarengi oleh fasilitas serta lingkungan yang dibutuhkan.

Beberapa pemilik properti menggunakan kondisi aji mumpung, di mana mumpung properti yang dimiliki memang dibutuhkan banyak orang. Sehingga gaya berbisnis mereka jadi asal-asalan, tanpa mempertimbangkan bisnis jangka panjang.

Hal ini membuat beberapa orang mulai melirik opsi lain dalam menyewa bahkan membeli properti, yaitu apartemen.

Terlebih beberapa wilayah apartemen yang ada di Surabaya, masih menawarkan harga yang sedikit terjangkau khususnya untuk golongan menengah ke atas. Tentunya jenis apartemen seperti ini adalah yang sederhana dengan konsep minimalis.

Baca juga : Jika Tinggal di Apartemen Adalah Sebuah Jawaban

Kelebihan Tinggal Di Apartemen Di Surabaya

Tinggal di apartemen itu, tentu saja punya banyak kelebihan, yang bisa dibilang surga bagi para introvert. Dan beberapa kelebihan itu adalah:

tinggal-di-apartemen

1. Privacy lebih terjaga, surga bagi para introvert

Para introvert paling pas tinggal di lingkungan apartemen deh. Dengan lingkungan yang se’masa bodo’ dengan tetangga. Bikin penghuni apartemen bisa dengan nyaman tinggal tanpa harus bingung dengan interaksi basa basi yang tidak nyaman dengan tetangga.

Kebanyakan penghuni apartemen juga lebih peduli dengan kegiatan dan urusannya masing-masing. Meskipun masih tetap ada yang membantu ketika ada yang minta bantuan. Tapi jarang terjadi ada tetangga yang bakal ketuk-ketuk pintu kamar, cuman buat pinjam 100ribu dulu *eh.

Penghuni juga bebas ngendon berhari-hari dalam unit apartemen tanpa takut dirumpiin tetangga ataupun dipaksa keluar untuk berbaur. Termasuk bebas dari paksaan ikut rumpi-rumpi berkedok arisan *eh, hehehe.

2. Keamanan lebih terjaga

Di setiap apartemen selalu dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih ketat. Tidak semua orang bebas masuk dan berkeliaran di dalam lingkungan apartemen selain penghuni.

Setiap penghuni, biasanya diberikan akses masuk, baik berupa kartu maupun dengan finger print. Dengan demikian, orang asing tidak akan bebas masuk, jika tidak bersama penghuni yang punya akses keluar masuk.

Selain itu, ada CCTV yang dipasang di semua sudut bangunan, ditambah adanya security yang berjaga 24 jam, siap memenuhi kebutuhan penghuni akan rasa aman.

3. Fasilitas lengkap

Hampir semua apartemen di Surabaya, dilengkapi dengan fasilitas tambahan yang lengkap. Ada kolam renang, gym dan lainnya.

Semua fasilitas ini disiapkan dan bisa digunakan secara free atau cuman-cuma oleh semua penghuni yang tercatat.

4. Lingkungan lebih sehat dan bersih

Kelebihan lain tinggal di apartemen adalah, lingkungan yang sehat dan bersih. Tidak ada sampah yang berserakan, bahkan bisa dikatakan di beberapa lokasi apartemen di Surabaya, tidak ditemukan nyamuk dan lalat, terutama jika berada di unit lantai yang tinggi.

Hampir semua pengelola apartemen juga memberlakukan aturan keras mengenai sampah, kebersihan serta keindahan bangunan, lengkap dengan sangsi yang diberlakukan jika ada yang melanggarnya.

5. View yang menarik

Hal menarik lainnya dari tinggal di apartemen di Surabaya adalah, bisa mendapatkan view yang menarik. Tentunya hal ini hanya bisa didapatkan jika tinggal di unit apartemen lantai yang tinggi.

Kita juga bisa memilih, apakah lebih menyukai view kota atau view pool atau kolam renang. Tentunya ini akan menjadi sebuah hal yang menarik, terlebih jika bisa melihat sunrise atau sunset dengan latar kota yang indah.

6. Akses lebih mudah

Semua apartemen di Surabaya menyediakan akses yang lebih mudah dan nyaman untuk penghuninya. Sehingga semua penghuni tidak kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan masing-masing.

Baca juga : Minimarket VS Warung, Pilih belanja di Mana?

Kekurangan Tinggal Di Apartemen

Meski tinggal di apartemen, khususnya di Surabaya itu menyenangkan. Namun ada juga kekurangan yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan tinggal di apartemen.

Di antaranya:

tinggal-di-apartemen

1. Ukuran unit yang terbatas

Semua apartemen yang terjangkau di Surabaya mempunyai ukuran unit yang lebih minimalis. Jangankan yang studio, bahkan yang 1 BR (bedroom) hingga 2 BR pun lebih terbatas ukurannya.

Karenanya, wajib banget mempertimbangkan hidup dengan minimalis, kurangi membawa barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Atau bisa juga diakali dengan mendisain unit apartemen dengan berbagai furniture multifungsi dan compact.

Misal, menyiapkan lemari kustom yang mengisi semua permukaan dinding. Atau bisa juga menggunakan ranjang yang lengkap dengan kotak penyimpanannya dan semacamnya.

2. Tidak kids friendly

Karena ukurannya yang terbatas, sehingga tinggal di apartemen yang terjangkau di Surabaya, tidak bisa kids friendly. Bukan sebatas demi keamanan anak-anak, namun juga demi keamanan barang-barang yang ada.

Kebayang kan punya 2 anak aktif yang suka berlarian sementara letak barang di apartemen sangat berdekatan dengan space yang sangat terbatas.

3. Kebutuhan hidup lebih mahal

Tinggal di apartemen berarti ucapkan selamat tinggal pada tabung gas yang ada tulisan, “untuk masyarakat miskin“, alias tabung gas hijau yang kecil itu. Demikian juga untuk galon air isi ulang yang bukan asli.

Jadi ya pasrah saja memasak dengan air mineral asli yang harganya lumayan itu. Karena jarang banget ada toko yang mau mengantar air isi ulang bukan asli ke lokasi apartemen, kecuali punya kendaraan sendiri untuk beli langsung di luar.

Kalaupun nekat hendak memasak dengan air dari kran, jangan mengeluh jika makanan berasa air kaporit, hahaha.

Jangan lupakan juga untuk menyiapkan dana buat laundry. Karena di apartemen biasanya nyaris nggak ada jemuran, kalaupun ada tempatnya sangat terbatas. Maka mau tidak mau sebagian pakaian kotor hanya bisa dicuci melalui laundry.

Di beberapa apartemen sudah menyediakan beberapa kebutuhan hidup yang pokok, seperti adanya minimarket express, hingga toko yang menjual barang pokok. Tapi harganya ya menyesuaikan lingkungan apartemen, alias lebih mahal.

4. Biaya bulanan lebih mahal

Selain biaya sewa atau beli, ada pula biaya bulanan yang dibayarkan kepada pengelola apartemen. Biaya tersebut terdiri dari:

  • Biaya IPL atau Iuran Pengelolaan Apartemen
  • Biaya sinking fund (khusus pemeliharaan)
  • Biaya tagihan listrik (biasanya menyesuaikan pemakaian, namun direkap oleh pengelola).
  • Biaya tagihan air, sama dengan tagihan listrik yang menyesuaikan pemakaian.
  • BIaya tagihan internet, yang mana di beberapa apartemen tergantung pemiliknya, apakah hendak memasang internet atau enggak.

5. Parkir harus bayar

Berbeda dengan rumah yang bisa kita parkirkan kendaraan begitu saja, di teras atau di depan rumah, Di apartemen, kita hanya bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang disediakan.

Dan karenanya, semuanya dikenakan biaya parkir untuk itu.

Tapi jangan khawatir, penghuni bisa mengajukan langganan parkir, agar bayarnya lebih murah, dan dibayar sebulan sekali saja.

Baca juga : Es Teh Indonesia Somasi Protes Pelanggan

Kesimpulan dan Penutup

Dengan berkembangnya populasi di Surabaya, membuat harga beli maupun sewa properti semakin mahal. Sayangnya, kenaikan harga ini seringnya tidak dibarengi dengan memperhatikan kenyamanan penghuninya.

Karenanya, banyak orang yang memutuskan untuk tinggal di apartemen, yang memang semakin banyak berdiri di Surabaya.

Namun, sebelum memutuskan tinggal di apartemen, sebaiknya simak kelebihan dan kekurangannya di sini.

Sumber dan referensi:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.99.co/id/panduan/tinggal-di-apartemen/ diakses 07 September 2023
  • https://www.cermati.com/artikel/biaya-tinggal-di-apartemen diakses 07 September 2023

Demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen khususnya di Surabaya, semoga bermanfaat.

Rey

Blogger Surabaya, Mom of two boys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Don`t copy text!