Contoh Bisnis Properti yang Menguntungkan Bagi Pemula

Contoh bisnis properti yang dapat menguntungkan khususnya bagi pemulai itu banyak. Sehingga semua bisa punya kesempatan untuk memilih jenis bisnis yang lebih disukainya.

contoh-bisnis-properti

Meski sempat diporak-porandakan oleh pandemi, nyatanya bisnis properti masih tetap menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Tentunya dengan catatan bisa mengelolanya dengan baik.

Karena, properti merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang. Karenanya keberadaannya selalu dibutuhkan banyak orang.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Apartemen Bagi Pemula Agar Tak Rugi

7 Contoh Bisnis Properti yang menguntungkan Bagi Pemula

Banyak contoh bisnis properti yang bisa dipilih sesuai dengan modal serta risiko yang memungkinkan bagi pebisnis. Karena setiap orang memulai bisnis dengan modal yang berbeda, karenanya penting untuk bisa memilih jenis bisnis properti mana yang bisa dan mampu dikembangkannya.

Bisnis properti khususnya yang merupakan residental atau tempat tinggal, selalu punya peluang yang lebih besar dalam segi menguntungkannya. Karena setiap hari permintaan akan rumah tempat tinggal selalu meningkat.

Namun, bukan berarti bisnis properti lainnya tidak menguntungkan. Semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Berikut beberapa contoh bisnis properti yang bisa dijadikan referensi dalam memilih jenis mana yang bisa dimulai.

contoh-bisnis-properti

1. Bisnis Properti Jual-Beli Rumah Bekas

Bisnis properti ini adalah jenis bisnis yang paling sederhana, dan hampir semua orang bisa melakukannya. Meski demikian, bukan berarti dikerjakan tanpa perencanaan yang tepat ya.

Adapun cara kerja bisnis properti ini, dengan membeli rumah bekas yang dijual dengan harga murah. Setelahnya bisa direnovasi sebaik mungkin, sehingga bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Kita bisa mencari rumah-rumah bekas yang dijual dengan harga murah, baik melalui beberapa situs jual beli properti. Atau juga melalui referensi dari keluarga, teman atau kenalan.

Ada beberapa kondisi yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis ini, di antaranya:

  • Mencari rumah yang sedang dijual karena pemilik sedang membutuhkan uang dalam kondisi mendesak. Biasanya dalam kondisi ini harga jual rumah lebih murah dari harga pasaran.
  • Atau bisa juga dengan mencarinya di beberapa situs jual beli rumah.

Meski demikian, wajib banget disurvey sebelumnya sebelum memutuskan membeli sebuah rumah, meski harganya benar-benar murah.

Setidaknya wajib dipastikan kalau lokasinya strategis dan mudah dijangkau, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa menjual kembali rumah tersebut.

Baca juga : Tinggal di Apartemen Surabaya, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

2. Contoh Bisnis Properti dengan Menyewakan Rumah Bekas

Contoh bisnis ini adalah yang paling sering dilakukan banyak orang, di mana mereka memilih berinvestasi di properti rumah tinggal, lalu kemudian rumahnya disewakan atau dikontrakan.

Bisnis ini juga merupakan jenis bisnis properti dengan resiko yang lebih rendah, karena seringnya tidak butuh dana yang terlalu besar untuk modalnya.

Dengan menyewakan rumah bekas kepada yang membutuhkan, kita bisa mendapatkan passive income. Dan kita juga bisa membuat sistem sewa bulanan atau tahunan.

Yang harus diperhatikan dalam contoh bisnis properti ini adalah, masalah perawatannya, terutama jika menyewakan rumah lengkap dengan perabotannya.

Untuk lebih aman, kita bisa menerapkan uang deposit sebagai dana jaga-jaga jika seandainya ada perabotan yang dirusakan oleh penyewa. Dan tentunya, jangan lupa juga dengan surat kontrak untuk meminimalisir masalah di kemudian hari.

3. Bisnis Menyewakan Unit Apartemen

Selain menyewakan rumah bekas, pilihan bisnis properti lainnya adalah menyewakan unit apartemen. Kita bisa membeli unit apartemen, lalu menyewakannya kepada yang membutuhkan.

Agar nilai sewa lebih tinggi, pertimbangkan untuk mendisain ulang, agar unit apartemennya lebih menarik dan multifungsi sesuai kebutuhan penyewa.

Misal dengan menyiapkan full furnitur sehingga penyewa tak perlu repot ketika hanya butuh menyewa sebentar saja. Sistem sewanya pun dibikin dengan beberapa cara, baik itu harian, bulanan maupun tahunan.

Jangan skip dengan biaya deposit, karena di apartemen biasanya rentan terjadi kerusakan furnitur akibat space yang memang tidak seberapa luas.

Jangan lupa juga untuk menghitung anggaran pemeliharaan, agar nilai investasi unit apartemennya menguntungkan.

Baca juga : Tinggal di Apartemen Adalah Surga Bagi Introvert

4. Contoh Bisnis Properti dengan Membangun dan Menyewakan Kos-kosan

Selain apartemen, jenis bisnis properti yang menguntungkan lainnya adalah bisnis sewa kos-kosan. Bahkan zaman sekarang, bisnis ini menjadi pilihan terpopuler banyak orang dalam berinvestasi.

Kita bisa membangun sebuah kos-kosan di lokasi yang strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran, di mana target market-nya sudah jelas adalah mahasiswa atau pekerja.

Kita juga bisa memilih jenis kos-kosan yang disewakan, apakah kos biasa atau kos premium yang tentunya akan lebih cocok untuk para pekerja.

Hal penting yang harus dilakukan adalah membuat aturan jelas untuk penghuni kos, termasuk memasang kamera CCTV demi keamanan bersama.

5. Bisnis Menyewakan Vila

Bisnis menyewakan vila juga tak kalah menguntungkan, khususnya di masa paska pandemi ini, ekonomi mulai menggeliat, dan pariwisata mulai ramai lagi.

Hal ini bikin peluang sewa vila mulai kembali dilirik konsumen.

Kita bisa membeli sebuah rumah bekas di dekat kawasan wisata, kemudian direnovasi sehingga menjadi sebuah vila yang unik dan nyaman.

Zaman sekarang, konsep vila yang unik selalu jadi favorit semua orang, bahkan banyak orang yang rele mengeluarkan kocek lebih demi menikmati vila yang unik dan viral.

Baca juga : Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Ini Idenya!

6. Bisnis Properti Developer Perumahan Baru

Menjadi developer atau pengembang properti juga merupakan contoh bisnis properti yang menguntungkan di masa kini.

Tak perlu harus membangun dan mengembangkan perumahan yang mewah dan besar. Kita bisa memulai dari mengembangkan perumahan sederhana, dan diisi dengan beberapa unit perumahan terlebih dahulu.

Kita juga bisa mempertimbangkan untuk meminjam modal kepada pihak investor maupun bank, tentunya jika memenuhi syaratnya ya.

Dan penting juga untuk memastikan kita telah mengurus berbagai perizinan yang ditetapkan pemerintah, agar bisnis jadi lebih lancar.

7. Jadi Agen Properti Independen

Last but not least adalah contoh bisnis properti dengan menjadi agen properti independent. Cara kerjanya adalah dengan menjembatani pihak penjual dengan pembeli atau penyewa properti.

Pemasukan yang bisa didapatkan adalah dari komisi yang ada sesuai kontrak kerja. Kita juga bisa menjadi agen properti dengan mendaftar di beberapa situs agen properti di Indonesia.

Baca juga : Bisnis Modal 1 Juta? Ini yang Harus Dilakukan!

Kesimpulan dan Penutup

Contoh bisnis properti yang bisa dipilih untuk dijalankan itu banyak. Mulai dari bisnis jual beli rumah, bisnis sewa/kontrakan rumah, sewa apartemen, bisnis kos-kosan hingga menjadi seorang agen properti independent.

Apapun itu, pastikan kita memilih bisnis properti sesuai dengan kemampuan diri, dan rencanakan serta jalankan dengan sebaik-baiknya.
Agar bisnis tersebut bisa berkembang dan menguntungkan.

Sumber dan referensi:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/bisnis-properti-paling-menguntungkan-adalah-77167¬†diakses 11 September 2023
  • https://www.liputan6.com/hot/read/4920997/7-macam-bisnis-properti-yang-paling-menguntungkan-dan-berpeluang-bagus¬†diakses 11 September 2023

Demikianlah artikel tentang contoh bisnis properti yang menguntungkan bagi pemula, semoga bermanfaat.

Leave a Comment