Kebiasaan Baik yang Bikin Hidup dan Keuangan Sehat

Kebiasaan baik yang bikin hidup kita, maupun keuangan jadi sehat, seharusnya diutamakan. Karena hal ini akan menjadi sebuah habit simple yang berdampak luar biasa bagi hidup kita.

kebiasaan-baik
kebiasaan baik yang bikin kita jadi lebih sehat dan kaya

Ada beberapa hal simple tapi positif, yang jika terus kita lakukan secara konsisten, akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Kebayang kan kalau hal positif menjadi sebuah sikap di diri kita, yang sulit dihilangkan?.

Baca juga : 10 Kebiasaan Sepele yang Tanpa Sadar Bisa Merusak Kesehatan

Manfaat Kebiasaan Baik yang Bikin Hidup dan Keuangan Sehat

Melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang simple tapi positif, tentu saja sangat bermanfaat buat kehidupan kita, di antaranya:

1. Kebiasaan Baik bikin keuangan akan selalu terkontrol

Siapa sih yang nggak ingin keuangannya selalu terkontrol?. Jika kaya yang dimaksud masih belum terealisasi, bukankah semuanya tetap baik-baik saja, jika keuangan tetap terkontrol?.

Hidup dalam situasi yang pas, di mana kesemuanya selalu pas dan tercukupi. Hal tersebut hanya bisa kita raih kalau keuangan tetap terkontrol.

Di mana, seharusnya pengeluaran jauh lebih kecil dari pemasukan, ada dana darurat serta tabungan maupun investasi.

Kesemuanya, akan lebih mudah kita raih, jika terbiasa melakukan hal-hal positif. Yang tentunya mendukung tercapainya keuangan yang sehat dan terkontrol.

2. Fisik dan mental lebih sehat

Pernah dengar nggak, semacam meme yang sering berseliweran di media sosial. Di mana obat terbaik dari segala penyakit adalah uang.

Percaya nggak percaya, punya uang yang cukup itu sangat menyehatkan. Karena setidaknya beban berat overthinking memikirkan, bayar kebutuhan ini itu pakai apa?. Akan dapat di-release.

Jika pikiran atau mental sehat, akan lebih mudah mencapai tubuh yang sehat. Dan semua itu akan mudah didapatkan dengan kebiasaan baik yang mendukung tujuan tersebut.

Baca juga : Sehat itu Rezeki Tak Ternilai

3. Lebih produktif

Dengan sering melakukan kebiasan-kebiasan yang baik dan positif, tentunya akan bikin kita jadi lebih produktif. Karena tubuh dan pikiran sehat, bermula juga dari keuangan yang selalu terkontrol dan sehat.

Dan jika lebih produktif, tentunya akan mendatangkan pemasukan keuangan yang lebih buat kita.

4. Hidup jadi lebih mindfulness

Manfaat paling penting dari seringnya membiasakan good atau simple positive habit adalah, bikin hidup mindfulness.

Ya, karena keuangan terkontrol, tubuh dan pikiran sehat, hidup lebih produktif. Tentunya bikin hidup kita lebih tenang, terkontrol, dan mudah untuk lebih menikmati hidup atau mindfulness.

5 Kebiasaan Baik yang Bikin Hidup dan Keuangan Sehat

Lalu, kebiasan-kebiasaan apa saja sih yang bisa bikin hidup dan keuangan kita jadi lebih sehat?. Berikut yang bisa dilakukan:

kebiasaan-baik
kebiasaan baik yang bikin kita jadi lebih sehat dan kaya

1. Kebiasaan baik dengan selalu cashless

Di sadari atau enggak, kebiasaan bertransaksi secara cashless itu sangat membantu banget, khususnya dalam manajemen keuangan.

Kok bisa?

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 2 Jutaan

Karena dengan selalu menggunakan cashless, akan lebih mudah buat kita mengetahui, ke mana saja aliran pengeluaran keuangan.

Karena dengan cashless, semua transaksi akan tercatat, dan lebih mudah buat kita mengambil datanya untuk bikin laporan keuangan.

Tantangan kebiasan ini memang ada, misal, jadi susah untuk bisa berbelanja di UMKM yang belum modern. Atau juga cashless malah bikin pengeluaran jadi nggak ada ‘rem’-nya, karena apa-apa tinggal scan atau gesek.

Tapi tenang saja, kita bisa menyiasati hal tersebut, dengan mengalokasikan uang cash untuk kebutuhan belanja di UMKM. Serta mengatur limit budget sesuai kebutuhan, misal untuk keperluan jajan alokasikan ke e-wallet semacam Gopay dan semacamnya. Ketika limit top upnya habis, ya udah deh, berhenti jajannya.

2. Kebiasaan baik dengan membeli barang berkualitas dan tidak kalap diskon

Tahu nggak sih, kalau barang yang berkualitas itu jauh lebih murah ketimbang barang murahan?. Loh kok?.

Begini, jika kita beli barang hanya karena murah, tapi kualitasnya biasa saja, tentu saja barang tersebut tidak akan bertahan lama.

Misal, beli sepatu. Kadang, beberapa orang lebih memilih harga yang murah, ketimbang nabung bentar biar bisa beli yang lebih berkualitas. Berkualitas itu bukan berarti lui vitong aka Louis Vuitton yak, hahaha. Alias bukan branded, cuman produk yang memang kuat dan awet.

Untuk mengetahui bagaimana bisa barang berkualitas (meski sedikit lebih mahal), lebih murah ketimbang barang murahan. Kita bisa menghitungnya dengan cara cost per use (biaya sekali pakai) dari barang tersebut.

Misal, beli sepatu murah harga 100ribu dipakai 5-6 bulan saja. Sementara beli sepatu berkualitas harga 400-500 ribu tapi bisa dipakai sampai 2-3 tahun, bahkan lebih.

Baca juga : Biaya Jajan Anak Kecil yang Sering Dilupakan

Itu berarti:

  • Sepatu murah 100 ribu = 100 ribu / 6 bulan = Rp. 16,600 per bulan.
  • Sepatu berkualitas 500 ribu = 500 ribu / 36 bulan = Rp. 13,800 per bulan.

Jauh lebih murah kan?

Hal ini juga berlaku dengan godaan diskonan ya. Sebisa mungkin hindari kalap melihat diskonan. Tak mengapa jika tetap memilih barang diskonan, asalkan memang benar-benar butuh, bukan ingin semata.

3. Auto investing

Segala sesuatu yang baik itu, jika segera dimulai, dan konsisten dilakukannya. Termasuk yang namanya investasi. Sayangnya hal ini kadang dilupakan banyak orang.

Di mana ketika awal-awal masih semangat berinvestasi, memasuki bulan kedua dan ketiga mulai lupa untuk tetap menabung investasi.

Padahal, lebih baik berinvestasi dengan nominal kecil, asalkan konsisten. Ketimbang dengan nilai lumayan besar, tapi cuman sekali dua kali.

Untuk itu, coba deh pergunakan fitur auto investing yang ada di platform investasi yang dipunyai. Saat ini, banyak platform yang memberikan fitur ini, agar mempermudah nasabah konsisten setor investasi.

Baca juga : Investasi yang Menguntungkan di Tengah Resesi ALa Robert Kiyosaki

4. Berani bilang ‘tidak’ untuk sesuatu yang boros

Salah satu hal yang bikin keuangan sulit terkontrol, khususnya dalam hal pengeluaran. Yaitu pertemanan yang salah.

  • Teman yang suka minjam uang, tapi bayarnya entar-entar mulu sampai lupa.
  • Teman yang suka nebeng uang ketika makan, dan semacamnya, dengan kata ajaib, “Pakai uangmu dulu ya!”.
  • Teman yang suka pinjam sesuatu, tapi jadi merugikan, misal pinjam kendaraan, tapi bensinnya nggak diisi.
  • Termasuk, ajakan teman untuk nongkrong dan lainnya, yang budget-nya di luar perencanaan yang sudah disusun.

Karenanya, jangan takut berkata ‘tidak’ untuk sesuatu yang tidak terlalu berfaedah, bahkan merugikan. Hanya karena nggak enakan, ataupun karena dia teman kita.

5. Bangun Pagi

Bangun pagi, merupakan kebiasaan sederhana nan simple, tapi manfaatnya luar biasa loh. Selain akan menjadi kebiasaan baik yang bikin sehat. Pun juga bisa bikin:

  • Hidup jadi lebih produktifitas, karena memulai hari lebih awal, otomatis pekerjaan bisa diselesaikan lebih awal juga, sehingga waktu tidur tidak terganggu. Karena tidur merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan fisik dan mental.
  • Waktu terasa lebih panjang, karena memulai hari lebih awal, otomatis waktu yang kita jalani juga terasa lebih panjang. Bandingkan kita bekerja mulai pukul 8 pagi, dengan kita bekerja mulai dari pukul 12 siang.
  • Baik untuk kesehatan, karena dengan bangun pagi, siklus hidup yang sehat akan tercipta. Lebih awal memulai hari, tentunya bikin pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan waktu tidur tercukupi. Dan kita semua tahu, bagaimana tidur yang cukup sangat membantu metabolisme tubuh.

Baca juga : Pekerjaan Sampingan Online yang Hasilnya Puluhan Juta

Kesimpulan dan Penutup

Membiasakan melakukan kebiasaan baik dan simple, akan membentuk diri untuk mempunyai good habit. Di mana dari habit ini, tercipta diri yang sehat, sekaligus keuangan yang lebih terkontrol.

Karenanya, pastikan untuk segera memulai semua kebiasan baik tersebut di atas. Dan pastikan juga untuk selalu konsisten, agar manfaatnya segera bisa untuk dirasakan.

Sumber dan referensi:

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10420 diakses 16 Februari 2023
  • https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/kebiasaan-baik-ini-dalam-mengatur-keuangan diakses 16 Februari 2023

Demikianlah artikel tentang kebiasan baik yang simple dan bisa kita lakukan. Dalam mengatur keuangan menjadi lebih baik. Semoga menginspirasi.

12 thoughts on “Kebiasaan Baik yang Bikin Hidup dan Keuangan Sehat”

  1. Pingback: Blognya Rey
  2. Pingback: Blognya Rey
  3. Kebiasaan2 baiknya ini bener bgt mba. Kalau aku nggak semua bisa cashless Krn emang di kotaku belom bisa semua. Solusinya budgeting.

    Terus untuk mainan dan sepatu anak iya pake pembanding bisa berapa lama. Cumaaa aku kan tipe yg punya sepatu cuma satu yah.. nah jd salah satu anakku paling boros sepatu. Mau harga berapa aja, sama cuma awet 4 bulan 🤣 gemes sih.

    Kmaren dipakein punyaku Krn size-nya sama, eh 2 bulan jebol dipake main bola di sekolah. Amsyong sepatu mahal mamanya

    Reply
    • hahaha, kok bisa Mba, kalau anak-anak saya, Alhamdulillah tipe yang beli sepatu setahun sekali bahkan lebih kalau belom rusak hehehe.
      Kalau saya kadang kegoda gitu beli sepatu, tapi ujung-ujungnya yang saya pakai cuman 1 aja, ituuuu aja dipake sampai jebol wakaakak.
      Sementara sepatu yang lain, rusak karena nggak dipake-pake.
      Alhasil, sekarang saya udah bisa nahan godaan, karena udah tahu, kalau sepatu kesayangan belom rusak, jangan harap bisa make sepatu lain jadi ya ga dibeli 😀

      Palingan kalau saya ngemall, mampir ke toko sepatu lucu, cobain ini itu, terus usah, ditinggal, wakakakkaka

      Reply
  4. Ajakan nongkrong itu yang bisa bikin budget bocor, apalagi kalau di kafe 😁 selain itu jajan-jajan yang keliatannya kecil tapi kalau sering bisa berasa juga di kantong. Misalnya es teh atau es kopi.

    Reply
  5. Dengan cashless bisa lebih menghemat juga, sehingga jadi kebiasaan baik sih memang biar gak dikit² jajan. Walau godaannya ya promo sama cashback hehe

    Reply
  6. 1xBet является очень известных на рынке. Огромный выбор событий из мира спорта и киберспорта, десятки открытых линий, самые высокие коэффициенты. Также, БК имеет обширный функционал и немногие дает возможность совершать ставки по уникальным промокодам. Используя промокоды, вы можете получить реальный денежный выигрыш, не внося абсолютно никаких средств. Фантастика? – Нет, Реальность Узнать последний промокод вы можете сейчас же, однако использовать его необходимо в соответствии с правилами и инструкциями, которые приведены ниже.

    Reply
  7. Baca tentang pertemanan yang salah jadi ingat nih, suami saya pernah nyeletuk ke anak sulung. Si anak sulung ini kalau teman2nya pinjam motornya, gak diisin bensin jadinya kami yang beli bensin mulu. Suami bilang dulu sewaktu mahasiswa kalau pinjam motor teman, yang minjem yang isiin bensinnya.

    Masih mending ya kalau semisal anak saya minjem apa2 sama temannya, temannya juga baik atau sering2 nraktir dia, jadi win win solution hihi. Semoga saja demikian.

    Reply
  8. Baca tentang pertemanan yang salah jadi ingat nih, suami saya pernah nyeletuk ke anak sulung. Si anak sulung ini kalau teman2nya pinjam motornya, gak diisin bensin jadinya kami yang beli bensin mulu. Suami bilang dulu sewaktu mahasiswa kalau pinjam motor teman, yang minjem yang isiin bensinnya.

    Masih mending ya kalau semisal anak saya minjem apa2 sama temannya, temannya juga baik atau sering2 nraktir dia, jadi win win solution hihi. Semoga saja demikian.

    Reply
  9. Kebiasaan yang baik dalam hal pengaturan keuangan ini perlu dilakukan agar senantiasa sehat. Aku baru sadar pentingnya sehat jiwa dan raga agar bisa terus produktif dalam berkarya sehingga bisa jadi ada rejeki yang berkesinambungan.

    Reply

Leave a Comment