Properti

Membangun Rumah Dari Nol Dengan Budget Terbatas, Ini Caranya

Membangun rumah dari nol menjadi pilihan beberapa orang dengan alasan beragam. Mulai dari ketersediaan dana atau budget yang lebih terbatas, hingga keinginan mendisain sendiri bentuk rumah, serta memastikan kualitas rumah lebih kuat.

membangun-rumah

Hunian yang dibangun secara mandiri memang punya banyak kelebihan, salah satunya untuk urusan dana, karena bisa mengontrol segalanya sejak awal. Kita juga bisa merencanakan pembangunan rumah secara bertahap dan menyesuaikan ketersediaan dana yang dimiliki.

7 Cara Membangun Rumah Dari Nol dengan Budget Terbatas

Untuk bisa mewujudkan bangun rumah dari nol dengan menggunakan budget terbatas atau pas-pasan, dibutuhkan 7 langkah berikut, tentunya dengan asumsi dana sudah tersedia, meskipun terbatas:

1. Survey lokasi rumah dan beli tanah

Langkah pertama tentunya mencari lokasi untuk membangun rumah tersebut, kita bisa melakukan survey lokasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Sebagai tips khusus ketika memilih lokasi atau tanah yang akan dibangun rumah, akan lebih baik jika memilih tanah yang siap bangun. Jangan memilih lokasi yang berbentuk rawa karena dibutuhkan biaya tambahan tanah urug untuk memadatkannya.

Pertimbangkan juga untuk memilih lokasi tanah yang lingkungannya masih sepi dan luas, hal ini berpengaruh pada biaya material karena bisa stock di lokasi, dan juga kecepatan pengerjaan rumah tersebut.

Dan yang paling penting adalah, pastikan tanah tersebut bukan merupakan tanah yang punya kekuatan hukum yang pasti.

2. Buat disain rumah yang simple

Setelah tanah yang menjadi lokasi pembangunan rumah kita siap, langkah berikutnya adalah membuat disain rumah sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan tentunya menyesuaikan luas dan bentuk tanah.

Pertimbangkan dengan baik aspek-aspek penting ketika membuat disain rumah, misal membuat pintu disesuaikan dengan lokasi tanah. Jika tanah berada di jalur pertigaan jalan pas, atau yang biasa disebut ‘tusuk sate’. Akan lebih baik jika pintu rumah menghadap ke samping agar debu tidak masuk dengan mudah ke dalam rumah.

Pertimbangkan juga model rumah yang lebih simple, tidak terlalu banyak ornamen yang tidak penting. Agar bisa menghemat budget lebih banyak. Utamakan fungsi rumah, bukan semata estetika yang membutuhkan lebih banyak biaya.

3. Survey harga material atau bahan bangunan serta upah pekerja

Setelah disain rumah jadi, cara berikutnya dalam membangun rumah adalah dengan survey harga material atau bahan bangunan, beserta upah pekerja. Hal ini penting untuk dijadikan patokan dalam membuat RAB.

Pertimbangkan memilih bahan bangunan berkualitas baik, dan pilih toko yang menjual dengan harga terbaik. Kita juga bisa mengadakan kerjasama dengan toko, agar bisa mendapatkan harga terbaik dan termurah.

Kerjasama ini biasanya dalam bentuk berlangganan, di mana kita membeli semua bahan bangunan yang dibutuhkan dalam satu toko. Dengan demikian bahan bangunan yang dibutuhkan mudah didapatkan, diantar langsung dengan (kadang) free ongkos kirim, dan berbagai kelebihan lainnya.

Demikian juga dengan upah kerja, pastikan mencari tahu upah dari pekerja yang berpengalaman agar hasil kerjanya bagus dan cepat.

4. Bikin RAB atau Rencana Anggaran Biaya membangun rumah lengkap dengan time schedulle pelaksanaan

Setelah mengetahui harga material atau bahan bangunan serta upah pekerja, berikutnya adalah membuat RAB atau rencana anggaran biaya pembangunan rumah.

membangun-rumah

Jika awan terhadap hal ini, kita bisa googling untuk mendapatkan bagaimana cara menghitung biaya pembangunan rumah tinggal. Biasanya perhitungan biaya digunakan secara kira-kira dengan hitungan per meter persegi bangunan.

Namun, jika memang mau belajar lebih detail, kita bisa membuat perhitungan RAB, lengkap dengan seluruh kebutuhan bahan bangunan dan digunakan.

Lengkapi juga dengan time schedulle pelaksanaan pembangunan rumah, hal ini penting untuk mengatur ketersediaan dana, jadwal membeli material, biaya untuk tukang atau pekerja.

5. Beli material dalam jumlah yang banyak sekaligus

Salah satu tips untuk menekan biaya material adalah, dengan membeli dalam jumlah yang banyak sekaligus. Namun untuk ini harus disesuaikan dengan ketersediaan lahan untuk menampung material tersebut, dan juga memperhatikan cuaca.

Misal, tidak membeli pasir dalam jumlah besar di musim hujan, karena bisa jadi akan habis terbawa air. Demikian juga dengan semen, yang berakibat akan membatu jika dibiarkan di udara bebas dalam waktu yang lama.

6. Gunakan jasa pekerja membangun rumah secara tepat

Upah pekerja juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karenanya wajib untuk mempertimbangkan penggunaan upah pekerja secara tepat.

Akan lebih baik jika menggunakan upah harian ketika sedang dalam pembangunan struktur rumah, misal mulai pembangunan pondasi, pasang bata atau dinding, pengecoran sloop, kolom dan balok.

Namun setelah pekerjaan masuk ke tahapan finishing seperti pasang kusen, pemasangan rangka atap beserta atapnya, pemasangan lantai, pengecatan, hingga finishing lainnya, sebaiknya gunakan jasa tukang secara borongan.

Hal ini dikarenakan, pekerjaan struktur bisa dibilang pekerjaan yang kasar, bisa dilakukan dengan cepat. Namun untuk finishing, lebih banyak membutuhkan keterampilan pekerjanya, untuk hasil yang lebih bagus dan rapi. Jika menggunakan tenaga harian, sudah pasti biaya akan lebih banyak karena butuh waktu yang lebih lama dalam penyelesaiannya.

7. Wajib mengawasi pembangunan rumah sendiri

Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya, dalam membangun rumah dari nol dengan budget atau biaya terbatas adalah, pastikan untuk selalu mengawasi jalannya pembangunan rumah tersebut secara langsung dan sesering mungkin.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir biaya maintenance atau perbaikan yang terjadi, ketika rumah sudah jadi dan menyadari ada yang salah. Misal, saluran air tidak berfungsi dengan baik, ada kebocoran, atau kesalahan pemasangan letak kusen dan lainnya.

Jika ada budget lebih, bisa digunakan untuk membayar jasa pengawas, namun jika dana terbatas, pastikan untuk mengawasi secara langsung setiap hari ketika pekerjaan pembangunan sedang berjalan.

Dengan demikian, pemborosan dana untuk perbaikan bisa dihindari.

Kesimpulan dan Penutup

Membangun rumah dari nol dengan dana atau budget terbatas bukanlah hal yang sulit, jika dilakukan dengan cara-cara tertentu. Yaitu dimulai dari membeli tanah di lokasi yang terbaik, buat disain rumah yang simple hingga survey harga bahan bangunan dan upah pekerja.

Lalu membuat RAB pembangunan rumah, membeli material atau bahan bangunan dalam jumlah yang banyak, menggunakan jasa pekerja atau tukang secara tepat baik harian maupun borongan.

Dan yang lebih penting adalah, memastikan untuk selalu terlibat dan mengawasi jalannya pembangunan rumah tersebut, untuk memilinimalisir biasa perbaikan ketika pembangunan rumah selesai.

Demikianlah 7 cara membangun rumah dari nol dengan budget terbatas, semoga bermanfaat.

Surabaya, 04 Juni 2024

Rey

Blogger Surabaya, Mom of two boys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Don`t copy text!